Pages

Saturday, March 5, 2011

BlackBerry Messenger Hadir Di Android & Apple

BlackBerry Messenger saat telah menjadi salah satu aplikasi mobile yang paling populer di dunia untuk melakukan komunikasi. Namun, hingga kini aplikasi ini hanya bisa dinikmati di platform yang terbatas, yakni hanya pada pengguna layanan BlackBerry saja. Benarkah BBM segera hadir di ponsel Apple & Android?

BlackBerry Messenger application for Android platform and iPhone from Apple.

Seperti dikutip situs The Telegraph, RIM memang sedang mengusahakan agar BlackBerry Messenger nantinya bisa dinikmati di platform Android maupun Apple iOS.

Menurut situs Boy Genius Report, produsen BlackBerry asal Kanada Research In Motion (RIM), tengah melakukan pembicaraan dengan Apple maupun Google untuk menyediakan software aplikasi ini di berbagai aplikasi lain. Sistemnya bisa saja RIM akan men-charge pelanggan dengan iuran sekali untuk selamanya, atau bisa juga dengan iuran secara rutin agar mereka bisa menikmati layanan BBM di platform-platform pihak ketiga itu

Yang jelas, hingga kini masih belum ada kisaran harga atau prediksi waktu atas rencana ini. Namun, dengan layanan ini, pengguna ponsel pintar Android dan iPhone bisa saling terhubung dengan kawan-kawannya yang telah lama berlangganan BlackBerry Messenger di perangkat BlackBerry mereka di seluruh dunia.

Bahkan, mereka yang telah lama menjadi pelanggan BlackBerry bisa tanpa ragu mencoba Android atau iPhone tanpa musti kuatir kehilangan fitur BBM yang sangat bermanfaat untuk ngobrol, berbagi foto, lokasi, atau video kepada rekan-rekan mereka.

How to use BlackBerry Application for Android and Apple.

Namun demikian, para analis tetap percaya bahwa layanan BBM di Android dan iPhone tak akan selengkap layanan BBM pada BlackBerry. Sebab jika seluruh fasilitas tersedia, ini berarti sama saja menyerahkan keunggulan yang dimiliki RIM kepada musuh-musuh mereka.

Menurut analis Gartner, Michael Gartenberg, BBM adalah salah satu inti dari keunggulan pengalaman BlackBerry yang tidak bisa dipisahkan. Di sisi lain, aplikasi ini tentu saja juga tak akan dengan mudah disetujui oleh vendor lain seperti Apple.